7 Musisi Legendaris Indonesia


Mungkin
Banyak sekali musisi yang melegenda di Indonesia yang mungkin kalian sudah lupa dengan sosoknya.

Dan inilah 7 musisi di antaranya :

1. Iwan Fals


Nama aslinya adalah Virgiawan Listanto . Beliau lahir di Jakarta, 3 September 1961. Ia adalah seorang Penyanyi beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country yang menjadi salah satu legenda di Indonesia. Seorang musisi yang menurut saya berkarya untuk orang banyak, dia bukan penghibur, tidak ingin di idolakan, tapi yang saya lihat, dia memberi semangat untuk rakyat agar terus berperan dalam sistem pemerintahan negeri ini. Lagu nya yang kritis terhadap pemerintah membuat dia keluar masuk tahanan, tapi dia tetap berdiri, menapakan kaki di negeri ini , dan mengajak rakyat untuk berteriak, dan menyerukan aspirasi lewat lagu

2. Nike Ardilla


Nama aslinya adalah Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi biasa dipanggil Nike Ardilla. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 27 Desember 1975. Ia adalah penyanyi rock wanita indonesia. Ia tewas pada 19 Maret 1995 ketika mobil Honda Civic yang dikendarainya menghantam beton di jalan RE Martadinata di kota Bandung. Ia meninggal dunia di saat popularitasnya sedang memuncak. Selama sejarah dunia hiburan Indonesia ada, hanya Nike Ardilla artis satu-satunya yang mendapatkan penghormatan paling tinggi di mana setiap tanggal kelahirannya dan kematiannya selalu diperingati. Selamat Jalan Nike Ardilla.

3. Koes Plus


Koes Plus adalah group musik Indonesia. Dibentuk pada tahun 1969. Group ini adalah kelanjutan dari grup Koes Bersaudara. Grup musik yang terkenal pada dasawarsa 1970-an ini sering dianggap sebagai pelopor musik pop dan rock 'n roll di Indonesia. Sampai sekarang, grup musik ini kadang masih tampil di pentas musik membawakan lagu-lagu lama mereka, walaupun hanya tinggal Yon yang aktif. Mereka adalah idola di jaman orang tua kalian semua, mereka banyak  menyumbangkan kenangan nostalgia untuk negeri ini.

4. Gesang


Gesang Martohartono. Lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal1 Oktober 1917 dan meninggal di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 20 Mei 2010 pada umur 92 tahun. Ia adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Lagu Bengawan Solo adalah salah satu ciptaannya yang sangat terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu 'Bengawan Solo' ciptaannya bahkan diterjemahkan ke dalam 13 bahasa. 13 bahasa itu di ataranya bahasa Inggris, bahasa Rusia, bahasa Tionghoa, dan bahasa Jepang. Seseorang yang memberikan konstribusi musik untuk tanah air sejak dulu sampai sekarang.

5. Mbah Surip


Urip Achmad Rijanto itulah nama aslinya . Lahir di Mojokerto, Jawa Timur, pada tanggal 6 Mei 1957 dan meninggal di Jakarta, pada tanggal 4 Agustus 2009 pada umur 52 tahun. Ia lebih dikenal dengan nama Mbah Surip, Mbah Surip adalah salah seorang pencetus reggae di Indonesia.

Perjuangan hidup beliau sangat luar biasa. Dia mengaku pernah bekerja di bidang pengeboran minyak serta tambang berlian. Dia juga mengklaim memiliki gelar Doktorandus, Insinyur, dan MBA, serta pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California. Menurut Mbah Surip, dia menciptakan lagu Tak Gendong saat berada di Amerika Serikat, bertemakan kerjasama saling bahu membahu.

6. THE TIELMAN BROTHER


The Tielman Brother. Dibentuk pada tahun 1945-1976. Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. Setiap kali mereka manggung, selalu ada atraksi bahkan akrobat dalam setiap penampilan, skill bermusik yang luar biasa membuat mereka dulu dikenal dunia bahkan sebelum The beatles dan The Rolling Stone.
Dan band ini adalah salah satu favorite saya pribadi, Jempol dah vroh!

7. Chriye


Chrismansyah Rahadi. Lahir dengan nama Christian Rahadi di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 16 September 1949 dan  meninggal di Jakarta, Indonesia, pada tanggal 30 Maret 2007 pada umur 57 tahun. Ia lebih dikenal dengan nama Chrisye, ia merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia.

Beliau dilahirkan di Jakarta dari keluarga Tionghoa-Indonesia, Chrisye sudah bermain gitar bass sejak SMA dalam sebuah band yang ia bentuk bersama kakaknya, Joris. Pada akhir dasawarsa 1960-an dia menjadi anggota band Sabda Nada (yang kemudian hari berganti nama menjadi Gipsy). Pada tahun 1973, setelah mengambil cuti beberapa lama, dia mengikuti band tersebut ke New York untuk main musik. Setelah kembali ke Indonesia untuk waktu singkat, dia kembali ke New York dengan band lain, yaitu The Pro's. Dan akhirnya beliau ber solo karir di negeri ini dan menjadi musisi luar biasa karena karya nya yang begitu menyentuh hati lewat musik, lirik dan syair nya.

Dan itulah beberapa Musisi Legendaris Indonesia yang harus menjadi acuan untuk para musisi indonesia di zaman sekarang, kalo musik zaman sekarang ************ aduh tau sendirilah ya hehe

Terima kasih sudah berkunjung, Semoga bermanfaat semoga menambah inspirasi dan jangan berhenti berkarya!