10 Lukisan Mengerikan Di Dunia

Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertaskanvas, atau dinding. Ini dilakukan oleh seorang pelukis; dengan kedalaman warna dan cita rasa pelukis, definisi ini digunakan terutama jika ia merupakan pencipta suatu karya lukisan.

Inilah 10 Lukisan Mengerikan Di Dunia :


1. THE SCREAM

 

Merupakan lukisan yang di ciptakan oleh Edvard Munch, dan juga merupakan lukisan yang paling

terkenal di dunia di karenakan harganya yang sangat mahal bahkan untuk beberapa tipe dari lukisan ini.
Di kabarkan bahwa orang-orang merasa sakit, bahkan merasa depresi ketika mendalami lukisan ini. Bahkan di katakan bahwa lukisan ini membawa ketidak beruntungan kepada orang yang menyentuk atau menjatuhkan lukisan ini.

 2. The Great Red Dragon and the Beast of the Sea


William Blake dikenal sebagai salah satu sastrawan dan penyair dunia. Meskipun demikian ia pun gemar mencoretkan kuas dan pensil menjadi sebuah lukisan, ilustrasi ataupun sketsa. Bahkan pada bukunya yang berjudul ‘Book of Revelation,’ ia buat secara khusus sampul ilustrasinya. Imajinasi Blake terlihat liar dalam ‘The Great Red Dragon and the Beast of the Sea,’ bahkan terlalu menyeramkan bagi sebagian orang.

3. Heads Severed 


‘The Raft of Medusa ,‘ merupakan lukisan yang membuat Theodore Gericault dikenal oleh dunia, khas dengan romantismenya. Dikabarkan Theodore tidak pernah larut dalam romantisme dalam lukisan ‘Head Severed,’ ia bisa menahan emosinya sehingga karyanya tidak terlalu berlebihan dan terlihat standar. Meskipun ia harus menyaksikan kepala-kepala yang terpotong di laboratorium sebuah rumah sakit seorang diri. Maka tidak heran jika lukisa ‘Head Severed,’ berhasil memperlihatkan ekspresi wajah kematian.(**)

4. The Death of Marat


Lukisan yang satu ini dengan gamblang memperlihatkan dua insan tanpa aurat tertutup. ‘The Death of Marat,’ merupakan lukisan yang dibuat oleh Edvard Munch, lelaki berkebangsaan Norwegia. Edvard dikenal dengan lukisan yang mengekspresikan keresahan, kegamangan ataupun kecemasan. Jean-Paul Marat adalah seorang pemimpin politik dalam Revolusi Perancis.
Marat harus hidup menderita dengan penyakit kulitnya, bahkan hari-harinya dihabiskan di atas bak mandi. Uniknya, sambil berendam Marat masih dapat menulis dan menyelesaikan semua artikelnya. Malangnya perjuangan Marat harus berakhir ketika Charlotte Corday membunuhnya. Banyak lukisan yang menggambarkan Jean-Paul Marat, namun karya Edvard Munch adalah versi yang paling brutal.

5. STUDY AFTER VELAZQUEZ'S PORTRAIT OF INNOCENT X 


Merupakan lukisan yang di ciptakan oleh seniman terkenal pada abad 20, yaitu Francis Bacon.
Gaya lukisannya terkenal berani dan memiliki unsur gelap dalam bentuk figur-figur atau tokoh tertentu, lukisan ciptaanya terjual sangat mahal bahkan walau hanya sebuah kanvas saja.
Dalam lukisan ini di gambarkan bahwa paus tersebut sedang termenung dan akan seperti sedang berbicara, bacon menggambarkan bahwa paus ini sedang menjerit.

6. SATURN DEVOURING HIS SON


Merupakan lukisan yang di lukis oleh seniman bernama Francisco Goya.
Dalam legenda di katakan bahwa ayah dari dewa menenlan anaknya sendiri untuk menyakinkan bahwa tiada yang lebih hebat daripada dirinya, dalam lukisan ini di gambarkan pembunuhan anak.
Lukisan ini juga tidak pernah di maksudkan untuk di pamerkan kepada publik, di karenakan lukisan ini di lukis dan hanya di pajang di rumahnya dengan beberapa lukisan kesuraman yang di lukisnya.
Koleksi-koleksi lukisannya terkenal sebagai "The Black Painting". 

7. THE NIGHTMARE


Merupakan lukisan dari seniman yang bernama John Fuseli. Setelah Lukisan ini di pamerkan oleh Fuseli, lukisan ini terkenal akan penampakan mengerikan kutukan terhadap orang tidur.
Lukisan ini sangat terkenal hingga fuseli mengambar beberapa versi dari lukisan ini, di lukisan ini dapat terlihat incubus yang iblis laki-laki yang menggoda perempuan ketika mereka tidur, dimana ia duduk di atas dada dari orang yang tertidur tersebut.

8. Dante and Virgil in Hell


Lukisan akhirat ini sangat menyesakkan dada bagi orang awam yang melihatnya. Di dalam lukisan tersebut terlihat sosok-sosok yang menyeramkan dan dua sosok yang memperagakan adegan sadis. William-Adolphe Bouguereau dikenal sebagai pelukis realis dengan adegan yang klasik.

9. The Temptation of St. Anthony


Penggambaran spiritual begitu kental dalam lukisan karya Matthias Grunewald yang berjudul ‘the Temptation of St. Anthony,’ khas Zaman Pertengahan hingga Pencerahan. Diceritakan bahwa Santo Anthony harus menghadapi beberapa proses pengadilan dan ujian dalam mempertahankan keyakinannya. Dalam sebuah legenda St. Anthony dibunuh oleh iblis yang menghuni sebuah goa, namun ia kembali bangkit untuk membunuh iblis tersebut. Matthias menggambarkan suasana mengerikan itu dalam sebuah karya seni namun masih memperhatikan suasana spiritualnya.

 10. Judith Beheading Holofernes


Judith merupakan karakter janda yang terdapat di dalam Kitab Perjanjian Lama, ia adalah sosok perempuan yang menyelamatkan bangsa Israel. Lukisan yang terlihat sadis ini mengisahkan bangsa Israel yang saat itu diserang oleh pasukan yang dipimpin oleh Holofernes. Untuk menyelamatkan bangsanya, Judith pun melakukan pertemuan dengan Holofernes. Dengan kecantikan yang dimilikinya, Judith berhasil bertemu dengan Holofernes. Setelah berhasil membuat Holofernes mabuk, Judith kemudian memenggalnya dengan menggunakan pisau. Lukisan dengan adegan sadis ini dibuat oleh Carvaggio.


"Sebagian dari lukisan yang dibuat oleh para pelukis dan tokoh dunia tidak semuanya terlihat indah dan memberi kesan nyaman. Ada yang terlihat sadis, mengumpat bahkan p**no, namun itu semua tergantung persepsi pribadi yang melihatnya. Obyek lukisan adalah apa yang dirasakan dan dialami oleh sang pelukisnya, mereka menumpahkan menjadi karya seni, meski tidak setiap orang menyukainya tergantung di ruang tamu atau makan"



Terima kasih sudah berkunjung, Semoga bermanfaat semoga menambah inspirasi dan jangan berhenti berkarya!