Cara Membuat Doodle Art Untuk Pemula


Sebelum kalian mencobanya kalian harus tau bahwa bikin doodle art bisa menyebabkan ngantuk, stress,
kejang-kejang mata perih, muntah dan membuat kalian jadi lebih Tampan.
Hahaha becanda deh, bikin doodle tuh bikin kalian tambah pinter tambah mikir tambah asik buat ngejalanin kekosongan harian kalian.
doodle bisa jadi salahsatu alternatif untuk membuat sebuah seni dan juga bisa ningkatin keterampilan artistic kalian saat kalian ngeluarin isi semua otak.
Doodle art adalah sebuah gambar yang sederhana yang berkonsep abstrak dan tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk belajar.
doodle art sering muncul di jam-jam kelas saat kita sedang malas belajar dan terjadilah goresan-goresan di buku halaman paling belakang (pengalaman pribadi saat sekolah) hehe, tanpa disadari ternyata gambar yang udah gue bikin dulu tuh namanya doodle art, kalian yang masih sekolah pasti ngalamin tuh saat-saat kaya gitu.
Banyak gambar dan ide yang bisa kalian tuangkan ke dalam seni doodle art, bisa berupa tulisan, gambar binatang , manusia  atau apapun yang ada dalam imajinasi kalian.
Seni doodle art dulunya dibuat secara tidak sengaja, namun kini sudah menjadi salah satu seni yang lumayan banyak digemari anak muda untuk menyampaikan beragam pesan dan curhatan yang tertuang di dalamnya.

Sebelum kalian membuatnya, pertama-tama kalian siapkan dulu persenjataannya.
Sebenerya ga harus dan ga wajib sih, buat kita orang seni apapun itu bisa jadi sebuah maha karya yang luar biasa untuk di nikmati.
 modal kertas ,snowman , pensil bahkan tembok rumah juga jadi ( asal jangan tembok rumah orang ),

Tembok kamar gue

tapi buat kalian yang pengen serius biar jadi pro peralatan ini aga wajib untuk digunakan sebagai pendukung saat kita berperang.

Alat-Alat Dasar

- Buku gambar / sketch book
- Pensil
- Tinta
- Drawing pen
- Spidol marker
- Pendukung seperti arang, kapur, pensil warna, cat dan alat-alat gambar yang biasa digunakan.


Setelah hati kalian tenang , fikiran nyaman dan senjata sudah di siapkan, inilah saatnya kita untuk mulai berperang.

1. Pertama-tama kalian harus mencari inspirasi, ini adalah salah satu bagian terumit dalam pengerjaan sebuah karya seni (apapun itu) apalagi buat kalian yang baru belajar pasti suka bingung “ini mau bikin apa ya? Cendol?”
Tapi santai aja, di dalam seni menggambar kalian tidak di tuntut untuk bingung karena seni itu mempunyai kebebasan yang sangat luas tanpa ada batasan, kalian tinggal negelamun atau mikirin moment konyol saat dijalan bahkan mikirin mantan, bisa juga kamu keluar rumah terus liatin suasana di sekitar dan langsung aja tuangin di atas kertas.
Teori emang gampang, tapi jangan di paksain juga kalo lagi ga mood bro, coba di bikin enjoy aja soalny ide itu suka muncul secara tiba-tiba kaya mul_es ( hehe ).

2. Kedua, langsung aja kita coret-coret kertasnya, kalo kalian udah dapet inspirasi atau ide buat bikin doodle.
Jangan takut salah, kalian harus berani ber-Ekspresi secara bebas di dalam sebuah seni.
Misalnya kalian pengen bikin gambar matahari terus mataharinya ada di dalem rumah terus di rumahnya ada alien yang lagi internetan ngegoogling di youtube, boleh aja gapapa karna bikin doodle art tuh emang ga harus masuk akal.
Keluarin aja apa yang ada di dalam isi otak kalian, nah bikin otak juga bisa tuh!

3. Jika sudah, kalian terus aja ber imajinasi terus menghayal dan terus corat-coret aja kertas kalian dengan gambaran yang ada di dalam hayalan kamu.
Terus di asah lagi terus di coba lagi dan jangan takut mikirin hasilnya bakalan jelek, pede aja sama hasil karya kamu sendiri.
Dan ingat!
Jangan jadikan tema sebagai patokan kalian saat bikin doodle art, kalo memang tema menghambat kalian saat belajar ya gausah mikirin tema, nikmatin aja proses-prosesnya karena kebebasanlah yang paling indah.

Inilah beberapa referensi buat kalian biar punya bayangan mau bikin apa.



Terima kasih sudah berkunjung, Semoga bermanfaat semoga menambah inspirasi dan jangan berhenti berkarya!